Inilah Harta Yang Paling Mulia Bagi Seorang Muslim


[ Kita Muslim ] - Hampir semua manusia di muka bumi ini sibuk mencari harta dari pagi sampai sore hari. Mereka meninggalkan keluarga, orang tua, anak istri.

“Ada yang bersekolah ke Jakarta, ke Bandung, ke Jogja untuk cari harta. Sebenernya cari apa sih? Gelar, na’am. Gelar untuk apa? Untuk cari harta,” kata Ust Syafiq Riza Basalamah dalam sebuah kesempatan.

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam pernah ditanya oleh para sahabat tentang harta yang paling mulia. Setidaknya, ada 3 harta yang paling mulia,” jelas dia.

Yang harus senantiasa ada dalam benak kita, tatkala keluar mencari harta, adalah mengingat harta yang paling mulia di muka bumi.

1. Lisan yang senantiasa berdzikir

Lisan yang pandai berdzikir. Itu yang paling mulia. Yang senantiasa mengatakan, subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar, wa laa hawla wa laa quwwata illa billah. Lisanun dzakir,” jelas dia.

2. Hati yang senantiasa bersyukur

 Hati yang senantiasa bersyukur kepada Allah Subhanahu wata’ala. Apapun yang dimiliki, rumah yang luas, mobil yang nyaman, istri yang soleha, tanpa hati yang bersyukur, percuma. Hati yang bersyukur ini lebih utama dari semua yang disebutkan tadi.

3. Istri yang beriman, yang membantu suaminya beriman

wa zaujatun mukminatun tu ‘innahu ala iman. Istri yang beriman, yang membantu suaminya beriman. Terkadang seorang belum nikah sholat malam terus, puasa sunnah terus, habis nikah ga sholat malem ga puasa sunnah, hilang semua,” jelas dia.

“Kadangkala dia memilih istri yang membantu dia dalam urusan dunianya. Itu bukan harta yang mulia, tapi istri yang bantu urusan akhirat bukan istri yang membantu untuk hal keduniaan. Apakah kita sudah mencarinya dan mengumpulkannya? Atau kita disibukkan dengan dunia kita? Wallahu’alam,” pungkasnya.

Sumber : Ust Syafiq Riza Basalamah